Butuh Tambahan Penghasilan? Ikuti Cara Menghasilkan Uang di TikTok Berikut

Siapa yang tak kenal aplikasi TikTok? Media sosial asal Tiongkok ini sempat membuat seluruh lapisan masyarakat Indonesia mengalami demam TikTok. Mulai diri laki-laki, perempuan, anak-anak, remaja, orang tua, polisi, para pesohor, sampai para menteri pun tak sungkan berjoget mengikuti gerakan dan iringan lagu yang ceria. Tak ayal, pada bulan Juli 2020 pengguna TikTok di Indonesia tembus hingga 30,4 juta. 

Selain menghibur diri sendiri, konten TikTok yang muncul di beranda juga bisa memberikan hiburan bagi orang-orang yang menontonnya. Di balik konten jenaka tersebut, tahukah kamu bahwa media sosial satu ini juga bisa difungsikan sebagai ladang penghasilan? 

Loren Gray misalnya. Penyanyi asal Amerika ini juga dikenal sebagai selebriti TikTok dengan penghasilan mencapai miliaran rupiah setiap kali posting. Sangat menjanjikan, bukan? Nah, buat kamu yang tertarik untuk belajar cara menghasilkan uang di TikTok, coba simak ulasan berikut ini.

  1. Naikkan Jumlah Pengikut
Naikkan Jumlah Pengikut
Naikkan Jumlah Pengikut – freepik.com

Tak dipungkiri kalau jumlah follower menjadi faktor utama keberhasilan seseorang dalam mendapatkan uang di TikTok. Jadi, setelah membuat akun, tantangan pertama yang harus kamu selesaikan adalah menaikkan jumlah pengikut. 

Untuk mendapatkan banyak follower, kamu bisa melakukan sejumlah tips seperti share akun TikTok milikmu ke media sosial lainnya, unggah video pada waktu primetime, tambahkan hashtag sesuai isi konten, lakukan kolaborasi dengan kreator yang lebih dulu viral di kalangan masyarakat, dan mengikuti challenge viral. 

Satu lagi yang perlu kamu ingat adalah konsistensi. Bila impianmu adalah menaikkan jumlah pengikut, maka rajin-rajinlah membuat konten TikTok. Akan lebih baik kalau kamu punya jadwal posting video. 

  1. Pasang Iklan
Pasang Iklan – Sumber Gambar: pexels.com

Setelah sukses meningkatkan jumlah pengikut, barulah kamu bisa melakukan monetisasi TikTok dengan cara memasang iklan. Mengingat aplikasi TikTok identik dengan musik, kamu bisa mendapatkan penghasilan dari iklan berformat audio. Selain itu, kreator dapat bekerja sama dengan sejumlah brand untuk mempromosikan produknya lewat konten video buatanmu. 

Oh iya ketika mendapat tawaran iklan, jangan kalap untuk menerima semuanya. Pasalnya, kamu harus memilih produk mana saja yang sesuai dengan demografi pengikutmu. Dengan begitu konten iklan yang kamu buat bisa tepat sasaran. 

  1. Jual Merchandise
Jual Merchandise
Jual Merchandise – Sumber Gambar: freepik.com

Menjual merchandise merupakan cara menghasilkan uang di TikTok lainnya selain dari iklan. Cara ini pun kerap dianggap efektif untuk menghasilkan rupiah karena TikTok menjalin kemitraan dengan Teespring, yaitu platform yang memungkinkan pengguna membuat dan menjual baju custom

Setelah membuat desain pakaian sesuai seleramu, kamu bisa langsung memasarkannya lewat Teespring. Setelah itu jangan lupa melampirkan link tempat penonton bisa membeli produkmu pada bagian bio akun TikTok. 

  1. Dapatkan Donasi dari Penonton
Dapatkan Donasi dari Penonton
Dapatkan Donasi dari Penonton – Sumber Gambar: freepik.com

Bila pengikut akun TikTokmu mencapai 1.000 orang, kamu bisa mendapatkan koin atau hadiah spesial yang diberikan penonton saat live streaming. Setelah terkumpul banyak, kamu bisa menukar koin/hadiah tersebut dengan berlian (sebutan untuk kredit virtual pada TikTok). Per dua koin kamu akan mendapatkan satu berlian. 

Berlian-berlian inilah yang kemudian bisa kamu tukarkan menjadi uang dan dana tersebut dapat ditarik menggunakan akun PayPal. Sebagai informasi tambahan, TikTok memberlakukan batas maksimum pencairan yang nominalnya akan ditampilkan ketika kamu melakukan proses penarikan. 

Itulah 4 cara menghasilkan uang di TikTok secara mudah dan tanpa modal. Sebagai pemula perjalanan masih cukup panjang untuk meraih kesuksesan. Meski begitu hal tersebut tidak menjadi alasan untuk berhenti meraup rupiah dari TikTok. 

Selain membuat konten TikTok, kamu juga bisa memanfaatkan marketplace jasa digital seperti SociaBuzz GIGS untuk mendapatkan uang tambahan dengan cara bekerja sebagai freelancer untuk jasa menulis, desain, edit foto, sampai makeup and hairdo. 

Satu lagi, kalau jumlah follower di TikTok sudah banyak, coba buka jasa review produk atau endorsement dan promosikan penawaranmu lewat SociaBuzz GIGS. Selamat mencoba!