Cara Mendapatkan Penghasilan dari YouTube. Pernah Coba?

Hingga awal tahun 2021, pengguna internet di Indonesia menembus angka 202,6 juta jiwa. Dibandingkan dengan tahun sebelumnya, jumlah tersebut mengalami peningkatan sebanyak 16% atau 27 juta pengguna. Dalam laporan yang sama, pengguna internet di Indonesia rata-rata akan menghabiskan kurang lebih 9 jam waktunya untuk berselancar di dunia maya. 

Melihat data tersebut, bukan tanpa alasan jika kini internet menjadi sarana terbaik untuk mendulang penghasilan. Salah satu platform yang bisa kamu manfaatkan demi meraih tambahan uang adalah YouTube. 

Pernah dengar nama PewDiePie? Pria asal Swedia ini mampu mengantongi penghasilan hingga miliaran rupiah per tahun dari konten YouTube miliknya, lho. Luar biasa, ya! Nah, buat kamu yang ingin mengikuti jejak PewDiePie menjadi YouTuber sukses, cari tahu cara mendapatkan penghasilan dari YouTube berikut ini. 

Kenalan Dulu Sama Istilah CPM dan RPM, Yuk!

Kenalan Dulu Sama Istilah CPM dan RPM, Yuk!
Kenalan Dulu Sama Istilah CPM dan RPM, Yuk! – Sumber Gambar: pixabay.com

Sebelum mengupas lebih detail tentang sejumlah cara menghasilkan uang lewat YouTube, coba kenalan dulu dengan istilah CPM dan RPM. Apa itu? 

  • CPM

CPM merupakan singkatan dari cost per mille atau cost per 1.000 impression. CPM digunakan sebagai parameter perhitungan jumlah uang yang harus dibayar pengiklan per 1.000 tayangan iklannya pada platform YouTube. 

Contohnya, sebuah iklan telah tayang sebanyak 100.000 kali. Jika rate CPM berada di angka 1 dolar, jumlah uang yang harus dibayarkan pengiklan adalah 100 dolar. 

Oh iya rate CPM juga bisa mengalami fluktuasi. Beberapa faktor yang memengaruhi nilai CPM antara lain perubahan geografi penonton, adanya peristiwa musiman, dan perubahan distribusi format iklan yang ada. 

  • RPM

RPM merupakan singkatan dari revenue per thousand impressions. Jika CPM digunakan untuk mencari tahu jumlah uang yang dibayarkan pengiklan per 1.000 tayangan, RPM memberikan informasi terkait pendapatan bersih yang akan diperoleh pemilik akun yang ditunggangi iklan tersebut.

Sekadar informasi, dari total CPM kamu tidak akan mendapatkan 100% jumlah uang yang dibayarkan pengiklan karena YouTube akan mengambil 45% dari total dana tersebut. 

Misalnya pengiklan membayar 100 dolar, 55 dolar akan menjadi milikmu, sedangkan 45 dolar sisanya kepunyaan YouTube. 

4 Cara Mendapatkan Penghasilan dari YouTube

4 Cara Mendapatkan Penghasilan dari YouTube
4 Cara Mendapatkan Penghasilan dari YouTube – Sumber Gambar: foter.com

Setelah tahu perbedaan CPM dan RPM, begini empat cara mendapatkan penghasilan dari YouTube yang bisa kamu coba. 

  1. Cari Tahu Cara Menaikkan Rank di YouTube

Saat menjadi YouTuber, kamu akan bersaing dengan pemilik akun YouTube lainnya. Dengan mengetahui cara menaikkan peringkat di YouTube, videomu berpeluang menempati urutan teratas dari hasil pencarian sesuai kata kunci yang diketikkan. 

Ada beberapa faktor yang memengaruhi peringkat video di YouTube, di antaranya adalah jumlah komentar, share video, subscriber, durasi video, click through rate (CTR), penggunaan keyword yang tepat, dan upload video berkualitas HD. 

  1. Pasang Iklan

Cara kedua adalah lakukan monetisasi akun dengan pasang iklan. Pada poin ini, ada beberapa aturan yang harus dipenuhi supaya iklan bisa terpasang di akunmu, yaitu jumlah subscriber lebih dari 1.000 orang, waktu tonton publik mencapai lebih dari 4.000 jam per 12 bulan terakhir, dan punya akun AdSense. 

  1. Jual Merchandise

Cara mendapatkan penghasilan dari YouTube selanjutnya adalah menjual merchandise. Fitur ini akan tersedia apabila akunmu merupakan pelanggan Program Partner YouTube dan memiliki subscriber lebih dari 10.000 orang. 

  1. Buat Fitur Membership

Terakhir, buat fitur membership. Melalui cara ini, kamu bisa memperoleh pendapatan dari biaya langganan yang dibayarkan oleh penonton. Sebagai timbal baliknya, pelanggan akan mendapatkan konten eksklusif seperti live stream eksklusif atau emoji unik yang bisa digunakan saat live chat. 

Demikian rangkuman informasi mengenai cara mendapatkan penghasilan dari YouTube. Ada yang sudah pernah mencoba tips di atas? Kalau belum tak ada salahnya mempraktikkan empat cara tadi untuk mendapatkan uang tambahan. 

Bagi pemula yang baru merintis karier sebagai YouTuber dan ingin mempromosikan akunnya agar jumlah subscriber meningkat, coba kunjungi platform SociaBuzz GIGS. Pada halaman SociaBuzz GIGS, tersedia sejumlah penyedia jasa yang siap melakukan paid promote untuk akunmu.