Mudah! Ini Dia Cara Membuat Channel YouTube Menghasilkan Uang

Siapa yang tak kenal nama Baim Wong, Raditya Dika, dan Tasya Farasya? Ketiga sosok tersebut berhasil masuk ke daftar Youtuber terkaya di Indonesia. Ya, di era industri kreatif seperti sekarang, profesi sebagai Youtuber tak bisa dipandang sebelah mata. Asal kamu tahu, jika berhasil menjadi YouTuber sukses, kamu dapat menerima bayaran hingga miliaran rupiah. Wow!

Banyaknya pengguna YouTube di tanah air menjadi salah satu faktor mengapa profesi sebagai YouTuber begitu potensial. Bukan hanya itu, hingga saat ini YouTube masih menjadi platform video nomor satu di Indonesia. Dengan begitu, kamu tak perlu khawatir untuk mencari target pasar. 

Bagaimana? Masih ragu mencoba profesi satu ini? Buat kamu yang ingin terjun sebagai Youtuber, mampu membuat konten yang menarik merupakan kunci utama meraih kesuksesan. Untuk detail langkah-langkahnya, baca cara membuat channel YouTube menghasilkan uang berikut ini. 

  1. Tentukan Konsep Video 
Tentukan Konsep Video – Sumber Gambar: pexels.com

Untuk mendapatkan uang dari YouTube hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan konsep atau tema dari akunmu. Silakan lakukan riset guna mencari tahu jenis konten apa saja yang sedang trend, misalnya video tutorial, unboxing, traveling, gaming, dan konten olahraga. 

Setelah mengunggah beberapa video, coba gunakan YouTube Analytics untuk mencari informasi lebih detail mengenai siapa saja yang menonton video unggahanmu. Beberapa informasi yang wajib kamu perhatikan adalah lokasi, gender, umur, dan waktu menonton. 

Nantinya hasil analisis tersebut bisa kamu gunakan sebagai bekal untuk mengeksplorasi ide-ide yang mampu memikat penonton.

  1. Mencari Keyword yang Tepat
Mencari Keyword yang Tepat – Sumber Gambar: pixabay.com

Tips kedua adalah cari keyword yang tepat. Tujuannya supaya konten buatanmu benar-benar sesuai dengan video yang sedang dicari banyak orang. Pada akhirnya, poin kedua ini juga akan membantumu dalam menentukan tema video seperti penjelasan poin pertama. 

Lalu, bagaimana caranya melakukan riset keyword? Kamu bisa menggunakan Google Trends, kemudian pilih YouTube Search pada kategori pencarian. Selain Google Trends, cara lain untuk menemukan kata kunci yang sering dicari adalah melalui kolom pencarian pada YouTube. 

  1. Jangan Lupa Beri Tag Pada Video 
Jangan Lupa Beri Tag Pada Video – Sumber Gambar: pixabay.com

Sama seperti blog, unggahan video di Youtube perlu ditambahkan tag pada bagian bawah deskripsi video. Keberadaan tag ini akan membantu YouTube dan Google menemukan konten yang kamu buat. Supaya tag bekerja efektif, kamu bisa mengisinya dengan keyword

  1. Embed Video YouTubemu ke Blog
Embed Video YouTubemu ke Blog
Embed Video YouTubemu ke Blog – Sumber Gambar: pixabay.com

Cara membuat channel YouTube menghasilkan uang selanjutnya adalah embed video milikmu ke blog atau website. Poin ini sekaligus menjadi salah satu trik untuk mempromosikan akun YouTubemu. Bagi para pengunjung blog/website, mereka pun tak perlu membuka aplikasi YouTube lebih dulu bila ingin menonton videomu. 

  1. Lakukan Promosi di Media Sosial
Lakukan Promosi di Media Sosial
Lakukan Promosi di Media Sosial – Sumber Gambar: unsplash.com

Setiap orang paling tidak memiliki akun media sosial, entah WhatsApp, Facebook, Twitter, atau Instagram. Inilah alasan promosi di media sosial punya peluang besar untuk menaikkan jumlah viewer. Menariknya, makin banyak jumlah share ke media sosial, peringkat pencarian akun YouTubemu kemungkinan akan ikut naik, lho

  1. Daftarkan Akun di Fitur Monetisasi

Cara terakhir adalah aktifkan fitur monetisasi. Khusus untuk poin ini, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar bisa pasang iklan. Di antaranya adalah memiliki lebih dari 1.000 subscriber, punya waktu tayang publik lebih dari 4.000 jam selama 12 bulan terakhir, memiliki akun AdSense, dan mematuhi pedoman dari YouTube. 

Siap jadi YouTuber sukses seperti Baim Wong atau Tasya Farasya? Coba praktikkan cara membuat channel YouTube menghasilkan uang di atas. Bila ingin mendapatkan jumlah subscriber dalam waktu singkat, kamu bisa menggunakan jasa tambah subscriber yang ada di platform SociaBuzz GIGS

Selain itu, di SociaBuzz GIGS kamu juga akan menemukan jasa promosi akun YouTube untuk menaikkan jumlah subscriber.  Apa pun usaha yang kamu lakukan, semangat! Semoga sukses, ya.