3 Jenis Backlink Terbaik Untuk SEO Yang Mudah Anda Dapatkan
3 Jenis Backlink Terbaik Untuk SEO Yang Mudah Anda Dapatkan
23 Mar 2021

Sejak saya pertama kenal SEO, dan itu sudah puluhan tahun, istilah link building telah menjadi topik paling sering dibicarakan. Cara membangun backlink adalah bagian yang kontradiktif dan sulit!

Alasannya: Tanpa tautan, konten Anda sulit mendapat peringkat dan traffic organik dari Google - jika bukan nol.

Kita juga tahu, bahwa, mendapat tautan yang muncul secara ‘suka rela’ dari pemilik situs lain, itu sangat sulit. Apalagi jika situs baru dan tidak ada yang tahu.

Sementara informasi, diluar sana, bahkan Google mengkonfirmasi, tautan buatan untuk SEO, apalagi masuk kategori jual – beli, berpotensi mendapat hukuman.

Seperti, berjalan dalam gelap. Tak tentu arah.

Bisnis tidak bisa menunggu sesuatu yang tidak pasti. Dan Anda berpikir harus melakukan sesuatu. Termasuk, bagaimana cara mendapat tautan, jika itu memang menjadi salah satu faktor peringkat.

Melalui artikel ini, Anda akan tahu Jenis backlink seperti apa yang terbaik untuk SEO? Ini akan menjadi panduan dasar strategi link building Anda. Tentunya sangat berguna untuk meningkatkan peringkat website. 

Peringkat terbaik adalah peluang mendapat traffic organik. Traffic organik adalah peluang terjadinya penjualan.  

Tautan menjadi salah satu kuncinya.

3 Jenis Backlink Yang Bagus, Aman Dan Mudah Untuk Didapatkan

Sebelumnya, saya sudah membahas tentang cara membuat backlink dari web 2.0. Anda bisa kesana, untuk mempelajari sekaligus melihat sumber backlink berkualitas yang telah saya bagikan.

Kali ini, mari kita tidak membahas tentang nilai SEO dari tautan sama sekali. 

Mari buat tautan seolah-olah Google tidak ada. Abaikan dulu SEO yang penuh perjuangan itu. Mari kita buat tautan untuk fokus mendapatkan lalu lintas. Jangan peduli tentang aspek lain dari akuisisi tautan.

Sstt.. tenang, strategi ini akan memberi dampak luar biasa untuk SEO Anda. Karena, jenis tautan alamilah yang disukai Google.  Jenis tautan yang bukan untuk SEO.

Mari kita berfokus pada nilai, beib.

Jadi, apa itu jenis tautan yang menghasilkan klik dan bagaimana Anda bisa mendapatkannya? Berikut tiga hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Tautan dari Wikipedia

Tautan Wikipedia adalah "nofollow" (diluar sana, orang berpikir tautan ini tidak di hitung Google untuk peringkat), tetapi Wikipedia menawarkan dua keuntungan besar: (1) Tautan Wikipedia mengirimkan lalu lintas yang stabil dan (2) mereka dapat mengirimkan lebih banyak peluang membangun tautan yang dapat Anda lakukan sendiri.

Blogger, jurnalis, guru, hampir semua orang yang meneliti topik yang ingin menemukan sumber tepercaya memeriksa Wikipedia. 

Memiliki tautan di sana berarti memiliki kutipan yang dapat berpindah dari situs ke situs, dari artikel ke artikel.

Untuk membangun tautan Wikipedia, selalu patuhi aturan emas ini:

  • Rancang konten yang layak mendapat tautan dari Wikipedia. Jadi, materi yang dibuat harus benar-benar penting, unik, dan hal-hal baru.
  • Jangan serakah dan mencoba mendapatkan banyak tautan Wikipedia. Buat sealami mungkin. Berfokus pada kealamian tautan. Jika tidak, Anda akan dianggap SPAM, itu akan membakar akun dan kredibilitas Anda di sana.
  • Anda tidak perlu memiliki profil Wikipedia yang mapan untuk memasang tautan. Yang benar-benar Anda butuhkan adalah aset konten yang dapat ditautkan yang pantas ada di sana.
  • Dari pengalaman, jenis referensi ini selalu disambut baik oleh editor Wikipedia dan tidak pernah dihapus asalkan merupakan konten yang bagus dan diteliti dengan baik:
  • Laporan asli yang menyertakan statistik (misalnya, survei pelanggan Anda tentang bagaimana kebiasaan membeli mereka telah berubah dengan karantina COVID-19)
  • Ulasan yang telah diteliti dengan baik yang mengungkap bahaya keamanan atau privasi, mengkritik kepercayaan, dll. Dari suatu produk atau buku

Secara keseluruhan, pedoman Wikipedia mendorong pengguna untuk menambahkan tautan eksternal, dan tidak ada kata yang melarang tautan swalayan. Selama Anda memberikan nilai nyata dan mengikuti pedoman penautan , tautan Anda akan baik-baik saja.

TIPS: Sebagai aturan, jangan menambahkan tautan eksternal di mana pun kecuali di bagian bawah artikel di bagian referensi atau tautan eksternal.

2. Tautan dari konten yang sedang tren

Tren adalah kekuatan pendorong paling kuat di balik pembuatan aset konten yang dapat ditautkan. 

Membuat artikel dengan topik yang sedang tren, tepat ketika semua blogger dan jurnalis haus akan lebih banyak ide untuk ditulis, pasti akan mendapatkan backlink. Apalagi, jika konten tersebut dipromosikan.

Tidak semua tren terlihat jelas atau dapat ditautkan. Tidak selalu mudah untuk memprediksi apakah topik yang sedang tren akan menghasilkan tautan atau jenis konten apa yang akan berhasil. 

Untuk membuat strategi membangun tautan yang lebih terinformasi yang berfokus pada tren dan tautan baru, perhatikan upaya akuisisi tautan pesaing Anda, terutama yang terbaru.

Anda dapat memeriksa sumber tautan pesaing Anda. Lalu analisa apakah Anda memiliki potensi untuk juga mendapatkannya.

Ada beberapa opsi penelitian backlink jika Anda tertarik melakukannya. Anda juga dapat menggunakan Google Trends untuk memantau tren yang dapat memberikan peluang membangun tautan. 

3. Tautan dari forum diskusi populer

Banyak orang berpendapat, pembuatan tautan di forum sangat dekat dengan spamming, tetapi taktik yang disarankan ini tidak ada hubungannya dengan pembuatan tautan forum.

Jangan mendaftarkan akun baru di forum untuk mencoba dan menambahkan tautan Anda. 

Alih-alih, jawab pertanyaan khusus yang populer di website Anda dan pengguna forum akan menautkan ke konten Anda dalam balasan mereka, lagi dan lagi.

Membangun strategi pemasaran konten Anda dengan menjawab pertanyaan adalah cara yang bagus untuk menarik tautan organik tanpa menanyakannya. 

Saya selalu mendorong penulis untuk memeriksa bagian Pertanyaan Pengoptimal Teks untuk menentukan pertanyaan terkait dan memasukkannya ke dalam konten mereka:

Pengoptimal Teks menampilkan pertanyaan populer seputar kata kunci. Ini juga membantu Anda menentukan pola pertanyaan keseluruhan yang digunakan audiens target Anda.

Tip membangun backlink terbaik

Buat tautan seolah-olah Google tidak pernah ada. Itulah saran membangun tautan terbaik yang pernah Anda dapatkan.

Bangun tautan untuk mendatangkan lalu lintas yang relevan dan fokus pada taktik membangun tautan yang menghasilkan klik. Ini akan memberi dampak SEO paling signifikan. Sebagaimana tertuang dalam paten Google’s Reasonable Surfer, yang sebenarnya sangat wajib dibaca oleh pelaku SEO. Untuk memahami bagaimana cara Google menilai sebuah tautan untuk peringkat.