Staying Power – Skill Utama Investor Profesional
Staying Power – Skill Utama Investor Profesional

Apa Itu Staying Power?

Di dalam satu seminar Lo Kheng Hong pernah bilang setiap investor harus punya sebuah skill penting yg bernama STAYING POWER.

Staying power adalah kemampuan investor tidak perlu mengambil modal investasinya dalam keadaan apapun.

Yang selalu jadi tantangan dr seorang value investor adalah waktu investasi yang cenderung lama untuk mencapai target profit yg direncanakan (sekitar 3-5 tahun)

Investor pemula sering kali harus cut loss dalam investasinya karena butuh uang kas di saat mendesak.

Hal mendesak sesuatu yg selalu datang tidak terduga. Seperti anggota keluarga sakit, musibah, dan banyak hal lainnya yang terjadi

Tips Agar Memiliki Staying Power Yang Baik

Jadi tips nya agar anda punya staying power yg bagus untuk berinvestasi:

1. Miliki dulu dana cadangan sejumlah biaya hidup anda minimal selama 3 bulan baru mulai berinvestasi. Sehingga jika ada kebutuhan mendesak, anda tidak perlu ambil modal yang lagi diinvestasikan di saham.

2. Tambah terus pelan2 dana cadangan anda sampai 1 or 2 tahun dari dana cadangan anda

3.selalu bayar diri anda di depan, maksudnya jika anda berencana menabung/invest 20% dari penghasilan bulanan, maka langsung pindahkan dana itu ketika anda menerima gaji/pendapatan anda.

Kesimpulan

Saya pribadi pernah mengalami kesulitan keuangan ketika banyak cicilan untuk pembelian fixed asset pribadi sy, dan saya selalu bisa berusaha cari akal bagaimana untuk melewati bulan tersebut. Dengan bayar diri anda dulu maka akan meningkatkan kreativitas anda untuk menghadapi masalah keuangan anda di bulan tersebut karena kondisi TERPAKSA.

Perhitungan potensi keuntungan selalu menggiurkan sehingga sering kali kita bernafsu untuk berinvestasi. Tapi investasi tanpa punya dana cadangan sama seperti menyetir mobil tanpa menggunakan sabuk pengaman.

Sabuk pengaman kadang dirasa ga penting karena kita percaya kemampuan driving kita baik, tapi sabuk pengaman akan menyelamatkan hidup anda amit2 anda mengalami kecelakaan.

Jadi ada baiknya miliki dana cadangan terlebih dahulu agar anda bisa memiliki staying power yang baik dalam berinvestasi.

Investasi saham idealnya untuk jangka panjang. Artinya anda tidak boleh menyentuh uang yang anda investasikan dalam jangka panjang. Itulah pentingnya memiliki staying power.

Jika anda ingin berinvestasi saham dengan teknik yang aman dan menguntungkan saya sarankan membaca topik value investing ini dari awal

Baca juga: Value Investing – Teknik Mencari Saham Bagus dan Murah