Memasang Pemanas Air Anda Sendiri
25 Apr 2021

Tetangga sebelah Anda bangun sepanjang malam berurusan dengan pemanas air yang rusak dan Anda hanya menghabiskan setengah jam terakhir mendengarkan dia mengeluh. Dia memiliki air berkarat yang mengalir dari langit-langit, karena pemanas air berada di loteng di atas kamar tidur utama.

Panci pembuangan darurat yang seharusnya menampung semua air dari pemanas air yang bocor telah ditutup dengan isolasi yang telah jatuh ke dalam panci selama bertahun-tahun. Kamar tidurnya kebanjiran. Tempat tidurnya basah. Langit-langitnya runtuh. Dia lelah dan rewel karena terjaga sepanjang malam.

Anda mungkin berpikir bahwa Anda senang hal itu tidak terjadi pada Anda. Anda cukup pintar untuk menyadari pada titik ini bahwa semua rumah di lingkungan itu dibangun pada waktu yang bersamaan. Pemanas air Anda sekarang berusia sekitar dua belas tahun dan Anda yakin bahwa pemanas air Anda hidup dengan waktu pinjaman.

Anda mendengar betapa banyak masalah yang dialami tetangga Anda tadi malam. Tagihan pipa ledengnya cukup tinggi karena tukang ledeng harus keluar di tengah malam, tapi itu bukan masalahnya. Tempat tidurnya rusak, begitu juga dengan karpet dan langit-langit.

Anda tahu beberapa hal mendasar tentang pipa ledeng dan Anda memiliki teman yang tahu sedikit tentang pipa ledeng, jadi Anda merekrut teman Anda dan memutuskan untuk menangani proyek ini selama akhir pekan. Ada baiknya Anda punya teman untuk membantu karena pemanas air Anda ada di loteng, seperti tetangga Anda.

Langkah-langkah dasar untuk memasang pemanas air Anda sendiri adalah sebagai berikut:

Langkah 1. Anda naik ke loteng dan menyusun strategi Anda untuk menurunkan dan menaikkan tank. Tangki itu berat, jadi Anda mungkin perlu memiliki tali yang sangat kuat sehingga Anda bisa menurunkan pemanas air lama dan menaikkan yang baru.

Langkah 2. Matikan gas yang menuju ke pemanas air di katup yang menghubungkan ke bagian depan pemanas air. Putuskan saluran gas dari pemanas air.

Langkah 3. Matikan air ke pemanas air atau jika katup tidak berfungsi matikan air ke rumah. Jika katup tidak berfungsi maka perlu diganti. Di artikel mendatang kami akan membahas cara mengganti katup Anda.

Langkah 4. Putuskan saluran air menuju tangki. Saluran air sering kali merupakan saluran fleksibel yang memiliki mur yang bisa Anda putar berlawanan arah jarum jam untuk melepasnya.

Langkah 5. Lepaskan pipa ventilasi dari bagian atas tangki.

Langkah 6. Kuras pemanas air dengan menyambungkan selang air ke sambungan pembuangan di bagian bawah pemanas air.

Langkah 7. Turunkan pemanas air lama menuruni tangga loteng dengan menggunakan tali yang sangat kuat dan teman-teman Anda yang sangat kuat dan terkoordinasi akan membantu. Ini mungkin bagian paling berbahaya dari keseluruhan proyek. Harap berhati-hati untuk tidak melukai siapa pun, termasuk diri Anda sendiri.

Langkah 8. Angkat tangki baru Anda ke loteng dengan cara yang sama seperti saat Anda mengeluarkan tangki lama.

Langkah 9. Masukkan pemanas air baru ke dalam panci pembuangan, pastikan untuk membersihkan panci dan periksa lubang di panci terlebih dahulu.

Langkah 10. Sambungkan kembali saluran air dan saluran gas dan ventilasi dengan cara yang sama seperti Anda memisahkannya.

Langkah 11. Pemanas air Anda sekarang sudah terpasang dan Anda siap untuk menyalakan air. Minta teman Anda tinggal di loteng untuk mengawasi kebocoran sementara Anda menyalakan air dengan sangat lambat. Lihatlah setiap koneksi yang Anda buat dan periksa kebocorannya. Jika Anda melihat kebocoran, pastikan untuk mengencangkannya. Jangan mengencangkannya terlalu keras hingga merusak pas. Nyalakan air di sisi panas di bak mandi dan keluarkan semua udara dari pemanas air dan saluran air. Alirkan air di bak sampai air keluar bersih dan jernih tanpa semburan udara.

Langkah 12. Nyalakan gas di katup gas yang terhubung di depan tangki. Siapkan larutan air sabun sehingga Anda bisa menuangkan air sabun ke atas alat kelengkapan gas untuk memeriksa kebocoran. Jika Anda melihat gelembung, berarti ada kebocoran. Matikan gas dan perbaiki kebocorannya sebelum Anda melakukan hal lain.

Langkah 13. Setelah Anda memastikan bahwa tidak ada kebocoran, Anda sekarang dapat menyalakan gas dan menyalakan pilot sesuai dengan petunjuk pabrik. Petunjuk tentang penerangan pilot sering disembunyikan di bagian depan pemanas air. Jika Anda kesulitan menyalakan pilot Anda dapat menghubungi saluran bantuan yang biasanya disediakan di bagian depan pemanas.

Langkah 14. Bagikan minuman dingin pilihan Anda dengan teman yang membantu Anda menyelesaikan proyek, karena dia pantas mendapatkannya dan begitu juga dengan Anda. Bagian ini wajib diisi dan tidak bisa dinegosiasikan.

Nikmati pemanas air baru Anda dan kepuasan yang Anda rasakan saat melakukannya sendiri. Solahart