25 Juli 2020 - 16:41 WIB

Ell Luckyanto Ft. Betrix Pical - Merapi (2019)

Corat-marutnya ekosistem hutan oleh ulah sistemik penguasa manusia moderen justru berakibat fatal kepada terpisahnya mata rantai kehidupan makhluk hidup dengan lingkungannya. Bencana asap dari akibat terbakarnya hutan yang terjadi pada setiap musim kemarau telah membuat hilangnya keseimbangan biosistem dengan lingkungannya.

Ell Luckiyanto feat Betrix Pical yang dibantu oleh kawan-kawan SAR DIY yang piawai dalam memainkan alat musik akustik mencoba berjuang memberikan sikap penyadaran mengingatkan kepada kita semua tanpa terkecuali melalui pesan nadanya betapa maha pentingnya hutan termasuk komunitas biosistem di dalamnya yang tidak bisa dipisahkan dari ekosistem kehidupan alam termasuk makhluk hidup bernama manusia pun bagian dari mata rantainya. 

Dalam lagu Titipan Anak Cucu, Surga Kehidupan dan Merapi yang dilantunkan oleh Ell Luckiyanto feat Betrix Pical tersirat pesan betapa alam biosistem hutan wajib untuk dilestarikan sebab kehadirannya sudah menjadi manifestasi titipan anak cucu yang harus tetap terpelihara dan terjaga untuk kelangsungan regenerasi peradaban masa depan manusia. 

Tapi apakah pesan dalam lagu Titipan Anak Cucu, Surga Kehidupan dan Merapi dapat memberikan sikap penyadaran terhadap kecongkakan penguasa manusia yang selama ini telah menciptakan kerusakan alam biosistem hutan akibat dari ambisi tendensius kepentingannya? 

Tampaknya saya harus mempertanyakan greget pesan yang tersirat dalam lagu Titipan Anak Cucu, Surga Kehidupan dan Merapi apakah mampu memberikan magnetis penyadaran mengingat bencana asap yang ditimbulkan dari faktor kesengajaan ulah penguasa manusia yang telah semena-mena membakar biosistem hutan yang terjadi dari tahun ke tahun di negeri ini ternyata Negara pun tiada sanggup untuk menghentikannya?


https://bit.ly/3jcq34G

prev Garuda Samsara - Kuda Lumping (Live Acara Tutup Tahun 2019) mBambung Official next

Joe Hoo Gi

mBambung Official

Tentang Joe Hoo Gi

Author Blogger, Video Creator, Web Developer, Software Engineer and Social Media Manager in Jogjakarta, Indonesia.

https://bit.ly/3hCjgQa

Total Pendukung

0

Pesan