25 Juli 2020 - 17:22 WIB

Remy Sylado - Bung Sondang (1982)

Nama Remy Sylado tidak serta merta lahir secara ujuk-ujuk. Nama itu diambil dari kenangan peristiwa romantisnya yang mencium seorang perempuan yang dicintainya sebagai cinta pertamanya pada tanggal 23 Juli 1961. Tanggal 23761 jika angkanya dieja melalui not nada maka akan terbaca re-my-sy-la-do.

Ada dua sosok peran yang digeluti oleh Remy sylado dalam karirnya. Sosok pertama sebagai budayawan yang banyak menghasilkan karya narasi sastra mbeling yang ditulisnya seperti novel, cerpen, puisi, naskah drama dan esai. Sosok kedua sebagai musikus yang beraliran folk country yang diksi lirik lagunya sarat oleh makna kosa kata mbeling sehingga memang berbeda secara umum dari kebanyakan karya musik Indonesia. 

Kalau kita mengamati semua karya narasi sastra mbeling yang ditulisnya betapa semua karyanya tanpa terkecuali tidak dapat dipisahkan dari peran kembelingannya. Makna diksi mbeling di sini maksudnya betapa ekspresi karyanya memang berbeda dengan karya kesusastraan pada umumnya. Makna mbeling di sini dapat dijabarkan betapa pesan-pesan yang tersirat dalam setiap karyanya ingin melabrak ketabuan, membebaskan setiap karyanya agar siapa saja yang menikmati karyanya dapat menemukan realitas yang dihadapi dan mengolah kosa kata dari berbagai ragam bahasa dalam satu kalimat narasi secara detail, mudah dimengerti dan gamblang tanpa ada rasa takut diamuk oleh sistem kebekuan dan kebakuan ejaan Indonesia. Konklusinya, corak kembelinganya inilah yang justru membuat setiap karyanya unik, istimewa dan tentunya menjadi nilai tambah bagi khasanah kesusastraan Indonesia. 


https://bit.ly/2C7Twwk

prev mBambung Official Yono Slalu - Surat Cinta Anak Sekolah (1985) next

Author Blogger, Video Creator, Web Developer, Software Engineer and Social Media Manager in Jogjakarta, Indonesia.

https://bit.ly/3hCjgQa

Total Pendukung

0

Pesan