TENTANG AFI (AKADEMI FANTASI INDOSIAR)
TENTANG AFI (AKADEMI FANTASI INDOSIAR)
28 May 2020

Akademi Fantasi Indosiar (disingkat AFI) adalah suatu ajang pencarian bakat dalam bidang tarik suara yang diadaptasi dari acara berjudul La Academia di Meksiko, dan merupakan ajang pencarian bakat menyanyi kedua di Indonesia setelah Popstars. Semua finalis yang berhasil masuk di AFI akan dipanggil sebagai "akademia" dan menjalani karantina selama 3 bulan. Para akademia tersebut bersaing untuk menjadi juara dan berkesempatan untuk memenangkan hadiah utama berupa sebuah mobil beserta uang tunai.

AFI merupakan versi kedua dari La Academia di Asia setelah Akademi Fantasia di Malaysia. Setelah Indonesia, Thailand dan Singapura juga membuat acara serupa dengan nama Academy Fantasia, serta Filipina dengan nama Pinoy Dream Academy (dulunya merupakan Philippine Idol).. AFI merupakan program pencarian bakat yang saat ini rating Grand Final musim pertama dan keduanya belum bisa dikalahkan oleh program pencarian bakat manapun di Indonesia sekaligus menjadi pelopor ajang pencarian bakat di Indonesia. Masing-masing dari Konser AFI berjalan selama 9 minggu ditambah 1 minggu untuk Konser E-Club, konser di mana para akademia yang telah tereliminasi diadu kembali untuk meraih predikat Juara Favorit. Voting dilakukan dengan cara SMS ke 3977 dan Premium Call ke 0809-1-800-900.


Setelah terpilih menjadi akademia, mereka dikumpulkan dalam sebuah asrama untuk dikarantina. Disana mereka dilatih oleh para pengajar profesional yang meliputi bidang koreografi, psikologi, olah vokal, nada, akting, dan bahasa Inggris. AFI dipimpin oleh seorang Kepala Sekolah, yaitu Tamam Husein. Seluruh kegiatan akademia di dalam asrama di dokumentasikan dan disiarkan di Indosiar dengan nama acara Diary AFI.


Pada tahun 2007, AFI dihentikan untuk sementara. Januari 2010, Indosiar secara resmi mengumumkan bahwa AFI akan digelar lagi dengan format yang baru pada saat malam puncak perayaan ulang tahun Indosiar ke 15. Namun, pada saat itu, tanpa alasan yang jelas Indosiar tidak mewujudkannya hingga akhirnya pada Mei 2013, secara resmi melalui akun twitter resmi Indosiar, Indosiar mengumumkan bahwa AFI 2013 akan hadir setelah program The Voice Indonesia dengan format yang baru dan audisi akan dimulai pada Agustus 2013. AFI resmi diakhiri pada Februari 2014 dan digantikan dengan Dangdut Academy.